Musim Hujan Islamabad

Cuaca selama musim hujan di Islamabad bersifat campuran. Saat hujan, itu sejuk dan menyenangkan; jika tidak panas dan gerah.

Musim muson terjadi di Islamabad, biasanya, pada minggu pertama bulan Juli dan berlanjut hingga pertengahan September. Angin sejuk membawa awan gelap bersama mereka dan pada tanggal permulaan, hujan lebat di kota disertai dengan angin sejuk dan menyenangkan. Suhu turun 10-15 derajat F selama mantra basah yang kuat.

Setelah periode awal hujan lebat selama satu atau dua minggu, hujan tiba-tiba berhenti dan selama beberapa hari tidak ada hujan sama sekali. Cuaca menjadi panas dan gerah dan indeks panas naik tajam. Ini disebut istirahat di musim hujan.

Karena Islamabad terletak di ujung ekor News Republika monsun, yang berasal dari India, maka jeda ini terkadang cukup lama. Manusia berkeringat deras dan kurangnya angin meningkatkan siksaan. Setelah sekitar satu atau dua minggu dari cuaca yang sulit ini, hujan monsun berlanjut dengan intensitas dan durasi yang normal.

Hal lain yang aneh tentang hujan monsun Islamabad adalah karena letaknya cukup dekat dengan stasiun Himalaya luar seperti Murree, angin monsun mengerahkan kekuatan penuh di perbukitan dan karena mereka tidak dapat melintasi dataran tinggi sehingga terjadi kondensasi sehingga menghasilkan curah hujan yang banyak. Di Islamabad, dalam beberapa tahun terakhir, sebanyak 48 inci hujan telah tercatat dalam 24 jam; sehingga menyebabkan banjir perkotaan.

Bulan Juli dan Agustus mendapatkan curah hujan yang sangat lebat sehingga rata-rata hujan pada bulan-bulan tersebut bahkan melebihi curah hujan Murree pada bulan-bulan tersebut. Setiap bulan di Islamabad mendapatkan curah hujan 14-15 inci yang cukup luar biasa di negara seperti Pakistan di mana 70 persen wilayah negara mendapat curah hujan kurang dari 20 inci per tahun.

Cuaca bulan Juli dan Agustus dapat ditoleransi sampai batas tertentu tetapi bulan September sangat lembab. Dengan kelembaban yang meningkat dan hujan yang lebih sedikit daripada bulan-bulan sebelumnya, September di Islamabad, mungkin, adalah bulan terburuk sepanjang tahun.

Singkatnya Islamabad mendapat hujan lebat dari sistem monsun yang terletak di dekat Himalaya luar. Bulan Juli dan Agustus meskipun lembab kurang mencoba dari September yang terburuk dari semua. Kadang-kadang hujan yang sangat deras, lebih dari 40 inci, tercatat dalam satu hari yang berbahaya baik bagi manusia maupun bagi flora dan fauna.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *