Tips Merawat Sepeda Gunung untuk Persiapan Gowesata

Tips Merawat Sepeda Gunung untuk Persiapan Gowesata

Sepeda gunung alias mountain bike (MTB) wajib dirawat supaya tak cuma sedap dilihat, namun termasuk supaya nyaman dipakai. Perawatan pas akan memicu sepeda MTB tetap didalam situasi terbaik. Hal berikut mutlak dikerjakan sebab sepeda MTB biasa dipakai di medan yang ekstrem.

Sepeda MTB sebetulnya kondang kuat dan tahan banting. Namun, perawatan sepeda MTB ini tetap dibutuhkan untuk hindari risiko kecelakaan atau malfungsi di jalan.

TAHAPAN PERAWATAN SEPEDA GUNUNGPRE-WASHING
Sebelum membersihkan sepeda MTB setidaknya ada tiga hal mutlak yang wajib kita lakukan, yaitu:

1. LEPAS SEMUA AKSESORIS – tips merawat sepeda kesayangan
Jangan langsung mengguyur sepeda MTB tanpa membiarkan aksesoris yang ada terhadap stang layaknya bel, lampu, dan speedometer. Untuk sepeda MTB yang gunakan V brakes, lepas kabel penghubungnya. Caranya, tekan kedua segi calipers.

2. BALIKLAH SEPEDA MTB SEHINGGA KEDUA RODA DI ATAS
Gunakan alas empuk bersama tebal 5 mm supaya sadel dan grips tidak lecet. Untuk membalik sepeda, berdirilah di samping sepeda, kemudian pegang anggota suspensi. Gunakan satu tangan untuk memegang dudukan sadel. Selanjutnya, putar perlahan supaya sepeda terbalik.

3. LEPAS RODA DEPAN DAN BELAKANG.
Buka pengencang as roda depan bersama mengakses klip pengunci. Kalau sepeda MTB tidak gunakan klip pengunci, pakailah kunci pas cocok ukuran baut. Lepas roda belakang bersama cara membiarkan pengencang as roda kemudian tarik ke belakang sistem pemindah gigi (RD) secukupnya. Setelah itu, roda belakang dapat ditarik ke atas dan terlepas.

ON-WASHING
Untuk bersihkan sepeda MTB, ada tiga anggota mutlak yang wajib kita perhatikan, yakni drivetrain, rangka sepeda, dan sistem roda.

1. MEMBERSIHKAN DRIVETRAIN (RANTAI, GEAR, CRANKSET, DAN DERAILLEUR)
Derailleur adalah sistem transmisi sepeda. Untuk membersihkannya, basahi sikat bersama sabun dan mulailah menggosoknya perlahan. Pastikan semua anggota derailleur benar-benar bersih Jual Novapro Sepeda Kebumen .

Kemudian, untuk rantai, putar pedal ke depan supaya rantai berputar dan mulai bersihkan bersama kain yang lembut. Setelah itu, cuci lap supaya kotoran yang melekat hilang, kemudian ulangilah lagi sampai rantai bersih.

Lalu, untuk bersihkan crankset (engkol dan pedal), gunakan sikat yang sudah dibasahi bersama air sabun. Sikat bersama detil supaya semua anggota penggerak sepeda MTB sampai bersih. Begitu pula bersama pedal dan segi didalam berasal dari gear. Keringkan semua anggota berikut bersama lap.

2. MEMBERSIHKAN BODI SEPEDA (FRAME, HANDLE BAR, DAN FORK)
Untuk bodi sepeda MTB, bersihkanlah bersama lap yang dibasahi air. Bersihkan semua anggota frame, mulai berasal dari seat stays, chain stays, seat tube, top tube, down tube, sampai head tube. Begitu pula bersama handlebar, fork, kabel shifter, dan kabel rem.

3. MEMBERSIHKAN SISTEM RODA
Kita dapat gunakan cairan pembersih tertentu kalau ada kotoran yang susah hilang. Selebihnya, memadai gunakan lap yang dibasahi air sabun untuk bersihkan semua anggota terhadap roda sepeda MTB. Singkirkan kotoran mulai berasal dari as, hub, jari-jari, velg, sampai ban.

Jika sepeda MTB gunakan cakram, sikat bersama detil semua bagiannya. Setelah itu, pasang lagi roda. Pastikan roda tidak goyang. Jika goyang, barangkali jari-jari roda wajib disetel ulang.

AFTER-WASHING
Setelah sistem pencucian selesai dilakukan, cara seterusnya adalah mengecek sistem pengereman dan berikan pelumas terhadap sepeda MTB.

1. MENGECEK SISTEM PENGEREMAN
Jangan lewatkan pengecekan rem, sebab hal ini sangatlah penting. Cek rem depan bersama berdiri di depan sepeda MTB, lantas tekan rem roda depan. Tarik sepeda ke depan. Jika frame dan roda belakang terangkat, berarti rem depan normal.

Kemudian, cek rem belakang bersama berdiri di depan sepeda, lantas tekan rem belakang. Jika roda depan terangkat, rem belakang tetap layak dipakai.

2. MEMBERI PELUMAS
Pastikan semua anggota layaknya rantai, shifter, sistem penggerak roda depan dan belakang, dan juga lengan pedal diberi pelumas. Jangan gunakan oli bekas atau pelumas yang tidak seharusnya.

Sepeda MTB adalah sepeda yang mudah kotor sebab biasa digunakan untuk medan ekstrim. Kalau ingin sepeda MTB awet dan tetap nyaman digunakan, perawatan rutin yang intensif sebetulnya sangat diperlukan.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tidak cuman akan memicu sepeda MTB kita tahan lama, perawatan yang pas akan kurangi risiko terjadinya kecelakaan atau malfungsi sepanjang bersepeda, terlebih di jalur off-road yang jauh berasal dari mana-mana.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *